Menyajikan berita terhangat!

Bukit Putung Bali, Menyuguhkan Panorama Alam Pegunungan Sangat Indah Mengagumkan !!

Tidak hanya memiliki objek wisata Bukit Jambul, Kabupaten Karangasem juga memiliki objek wisata Bukit Putung yang merupakan perpaduan antara keindahan alam perbukitan, perkebunan, persawahan, dan laut yang biru dikejauhan.

  • 344

    view

  • Tweet
    Share

    TEMPAT WISATA BUKIT PUTUNG KARANGASEM

    Karangasem merupakan salah satu nama kabupaten yang berada di Bali Timur. Kabupaten yang dikenal dengan sebutan “Bumi Lahar” ini mempunyai panorama alam pegunungan yang sudah terkenal keindahannya hingga ke luar negeri seperti tempat wisata "Bukit Jambul" yang terletak diperbatasan antara kabupaten Klungkung dan Karangasem.

    Selain memiliki objek wisata "Bukit Jambul", Kabupaten Karangasem juga memiliki objek wisata lainnya yakni "Bukit Putung" yang merupakan perpaduan antara keindahan alam perbukitan, perkebunan, persawahan, dan laut yang biru dikejauhan.

    Tempat wisata ini mempunyai keindahan alam yang begitu mengagumkan dan memukau mata pengunjung yang mengkombinasikan antara pegunungan yang hijau dengan laut yang biru dari kejauhan. Karena objek wisata ini berada di daerah pegunungan maka di sini terdapat berbagai pohon yang menghijau, pakis aji, pohon kelapa dan perkebunan salak milik warga setempat. Tempat ini sangat cocok bagi yang menginginkan suasana tenang dan damai apalagi hawa udara di tempat ini sangat sejuk.

    Dari sini kita dapat melihat keindahan alam di kecamatan Manggis seperti keindahan laut dan garis pantai dengan dermaga, perahu tradisional nelayan Bali sedang berlayar sedang menangkap ikan dan petak-petak sawah milik penduduk di kecamatan Manggis. Selain itu, kelihatan juga gugusan pulau Nusa Penida yang berada di tengah lautan Indonesia. Dengan susana seperti itu tentulah membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati panorama di tempat wisata Bukit Putung ini.

    SEJARAH BUKIT PUTUNG KARANGASEM

    Tempat wisata Bukit Putung menjadi terkenal berkat jasa seorang pelukis berkebangsaan Italia bernama Christiano. Beliau bertahun-tahun tinggal di Putung dan menikahi wanita Bali dari Desa Manggis. Beliau menuangkan keindahan panorama "Bukit Putung" ke dalam lukisannya sehingga membuat putung makin terkenal hingga ke mancanegara. Bukit Putung pun sempat menjadi ikon wisata alam di Karangasem di tahun 1980-an.

    FASILITAS BUKIT PUTUNG KARANGASEM

    Wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung dan menginap di Putung dipastikan berlama-lama berada di sana, karena mereka menginginkan suasana yang tenang dan nyaman. Di samping itu, para wisatawan yang berkunjung dapat pula melihat secara langsung kebun salak yang tumbuh subur di kawasan wisata ini. Sebagai obyek wisata, desa Putung kini telah dilengkapi dengan sarana jalan yang cukup bagus serta areal parkir.

    LOKASI BUKIT PUTUNG KARANGASEM

    Dikelilingi Lokasi Wisata

    Tempat wisata "Bukit Putung" berada di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem Bali. Dari objek wisata "Besakih" hanya berjarak 18 km, dari kota Amlapura hanya berjarak 17 km, dari kota Semarapura hanya berjarak 23 km, dari pelabuhan Padang Bai hanya berjarak 13 km, dan dari kota Denpasar hanya berjarak 54 km.

    Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 66 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 43 menit perjalanan dengan menaiki kendaraan bermotor. Ada dua jalan alternatif yang bisa ditempuh untuk menuju objek wisata bukit putung yakni melalui kecamatan Manggis dan melalui kecamatan Sidemen.

    Sumber: i.ytimg.com

    Adapun rute dan objek wisata yang bisa Anda kunjungi selama perjalanan menuju objek wisata Putung sebagai berikut. Begitu Anda keluar dari bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Tol Bali Mandara hingga ke By Pass Ngurah Rai ke timur sampai ke Patung Titi Banda yang berada ujung timur jalan By Pas Ngurah Rai.

    Dari Patung Titi Banda arahkan kendaraan Anda menuju jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan pantai Klotok. Nah di perempatan jalan Pantai Klotok Anda harus memilih jalur yang mana akan dilalui.

    AKSES KE BUKIT PUTUNG KARANGASEM

    Jalur Manggis

    Jika ingin melalui jalur manggis maka di perempatan pantai Klotok lurus hingga ke jalan Goa Lawah yakni perbatasan Karangasem Klungkung. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan sebuah pertigaan, jika belok ke kanan akan menuju pantai dan pelabuhan padang Bai, sedangkan jika lurus akan menuju kota Amlapura.

    Ambil jalan yang lurus hingga menemukan sebuah pertigaan yang terdapat patung buah Manggis dengan burung elang di atasnya. Di patung ini Anda belok ke kiri dengan menyusuri jalan tersebut, area ini dapat dijangkau oleh kendaraan pribadi selain bus karena jalan di sekitar objek wisata yang kecil dan medan tanjakan yang mendominasi. Setelah berada di atas perbukitan berati anda telah sampai di kawasan objek wisata "Bukit Putung".

    Jalur Sidemen

    Di perempatan pantai Klotok belok ke kiri menuju jalan Raya Tojan kemudian ke jalan Puputan, hingga menemukan perempaatan yang ada patung Kanda Pat Sari yakni sebuah patung bermuka empat yang berada di kota Semarapura. Di patung ini belok ke kanan hingga Perempatan Satria yang sebelumnya melewati sebuah jembatan yang terdapat air terjunnya.

    Di perempatan Satria belok ke kiri untuk menuju jalan raya sidemen, ikuti jalan ini hingga sampai di kecamatan selat akan menemukan pertigaan lalu belok ke kanan hingga ke desa Duda Timur akan menemukan pertigaan lagi. Di pertigaan ini belok ke kanan dengan mengikuti jalan tersebut anda akan sampai di objek wisata "Bukit Putung".

    PENUTUP

    Wisata Bukit putung yang mulai dibangun pada sekitar tahun 1975-an ini dahulu tenar dan merupakan ikon pariwisata di kabupaten Karangasem. Memiliki arel seluas 1 hektar, objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung seperti restaurant, 2 unit bungalow serta fasilitas pendukung yaitu lapangan tenis dan areal parkir.

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Ikuti @gozzipindo
    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci

    Harian

    Mingguan

    Bulanan

    PERHATIAN !