Menyajikan berita terhangat!

Hoax Kian Cepat Beredar, Masyarakat Harus Lebih Pintar Gunakan Sosial Media Dan #LawanHoax !!

Hoax atau berita bohong memang nampaknya kian cepat beredar di masyarakat. Penyebaran hoax dengan mudahnya dijumpai lewat sosial media, namun kini masyarakat harus lebih pintar menyaring informasi dan lawan berita Hoax yang viral dengan #LawanHoax !!

  • 1294

    view

  • Tweet
    Share

    AYO LAWAN HOAX

    Sumber: zonalima.com

    Hoax atau berita bohong memang menjadi salah satu hal atau konten negatif yang kerap tersebar di banyak sosial media tanah air hingga dunia. Hoax terkadang dapat berdampak buruk dan merugikan salah satu pihak serta membuat penyebar hoax senang jika apa yang dilakukannya berhasil.

    Hoax juga ternyata bukanlah sesuatu yang baru melainkan sudah ada sejak zaman media cetak dahulu kala diterbitkan. Ada banyak cara untuk menghentikan penyebaran berita bohong atau hoax, salah satu caranya adalah mengedukasi masyarakat untuk tak langsung percaya dengan berbagai isu yang ada.

    Sumber: telset.id

    Di era digital seperti saat ini, tentunya masyarakat dapat mengakses banyak dan beragam informasi yang seharusnya dapat disaring terlebih dahulu. Hoax juga dapat dihentikan dengan hukum yang berlaku di Indonesia atau setiap negara lainnya.

    Masyarakat saat ini nampaknya sudah lebih pintar dan enggan terpengaruh dengan kabar hoax atau kabar kebohongan. Masyarakat meramaikan hal ini dengan hastag yang viral di twitter dan sosial media lainnya yakni, #LawanHoax.

    HOAX ADALAH

    Sumber: okezoene.com

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hoaks’ adalah ‘berita bohong.’ Dalam Oxford English dictionary, ‘hoax’ didefinisikan sebagai ‘malicious deception’ atau ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat’. Biasanya berita bohong atau hoax ini disebarkan melalui berbagai platform sosial media.

    Sosial media yang tengah digandrungi semua masyarakat Indonesia bahkan dunia menjadi sasaran untuk menyebarkan berita bohong atau hoax oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Hoax’ atau ‘fake news’ bukan sesuatu yang baru, dan sudah banyak beredar sejak Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak pada tahun 1439. Sebelum zaman internet, ‘hoax’ bahkan lebih berbahaya dari sekarang karena sulit untuk diverifikasi.

    HOAX DI INDONESIA

    Sumber: prokal.co

    Perkembangan hoax atau berita bohong di Indonesia sendiri sudah kian meningkat. Tak hanya dikota besar dan untuk orang-orang yang memiliki kepentingan dan kuasa, hoax juga biasanya ditujukan untuk orang-orang dari kalangan biasa. Zaman sekarang, mendapatkan segala informasi di sosial media sangatlah mudah.

    Masyarakat tanah air dituntut lebih selektif dan pintar dalam menerima segala informasi dari internet dan sosial media. Jangan sampai kita menjadi korban yang mempercayai hoax atau berita yang bersifat bohong apalagi berita yang memprovokasi untuk membenci seseorang dengan hoax tersebut.

    LAWAN HOAX - PROFIL

    Gerakan melawan hoax memang sudah banyak ditemui dikalangan masyarakat terutama sosial media. Masyarakat banyak menyerukan untuk tak mudah percaya dengan berita-berita yang berkembang di masyarakat terlebih jika berita tersebut bersifat hoax.

    Informasi yang bersifat bohong biasanya ditujukan untuk menjatuhkan salah satu pihak atau seseorang dengan maksut agar orang tersebut dibenci dan diserang. Pemerintah dan segenap pihak kepolisian pun juga sudah berkerjasama untuk memberantas hoax.

    PENUTUP

    Hoax atau berita bohong memang tengah menjadi hal yang menyita perhatian publik. Tak sedikit oknum-oknum tak bertanggung jawab menyebarkan berita bohong atau hoax yang dapat berdampak buruk bagi salah satu pihak. Biasanya hoax ini tersebar di sosial media.

    Pemerintah juga sudah tegas dalam menegakkan kebenaran dan menangkap oknum tak bertanggung jawab yang menyebarkan berita bohong atau hoax. Masyarakat pun lebih pintar dan enggan dibodohi dengan berita yang bersifat bohong dengan hastag #LawanHoax.

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Ikuti @gozzipindo
    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci

    PERHATIAN !