Menyajikan berita terhangat!

#Greeners: Melihat Lebih Dekat Keanekaragaman Hayati Kota Jakarta Lewat Sebuah Buku !!

Kota Jakarta selama ini telah menjadi magnet bagi para penduduknya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak, dengan banyaknya gedung bertingkat hingga pusat pertokoan membuat warga Jakarta melupakan pentingnya kawasan hijau untuk kehidupan.

  • 55

    view

  • Tweet
    Share

    PESATNYA PERUBAHAN DAN PEMBANGUNAN

    Melupakan Kawasan Hijau

    Kota Jakarta telah menjadi magnet bagi sebagian besar warga untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Mulai dari gedung-gedung bertingkat, jalan layang sampai dengan pusat pertokoan menjalar sejak tahun 1970 di kota yang dahulu dikenal dengan nama Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia dan kemudian berubah nama menjadi Jakarta.

    Pesatnya perubahan serta pembangunan yang meluas membuat warga Jakarta melupakan kawasan hijau yang memiliki peranan penting bagi sebuah kehidupan di perkotaan. Bahkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) memiliki peran penting untuk makhluk hidup, tidak hanya bagi manusia namun juga bagi tumbuhan dan satwa yang berada di dalamnya.

    BUKU WILDLIFE OF JAKARTA

    Melestarikan Keanekaragaman Hayati

    Kehadiran buku bertajuk "Wildlife of Jakarta" yang disusun oleh enam fotografer dari komunitas Indonesia Wildlife Photography (IWP) tidak hanya menambah referensi akan dokumentasi satwa dan tumbuhan liar yang turut serta menghuni Jakarta namun juga menjadi pengingat bagi semua pihak jika keberadaan keanekaragaman hayati di Jakarta perlu diperhatikan dan dilestarikan.

    Dalam buku ini terdapat sebanyak 11 foto puspa dan 111 foto satwa yang berhasil diabadikan di sejumlah lokasi di kawasan Jakarta. Beberapa diantara foto tersebut bahkan terdapat puspa dan satwa yang tergolong langka dan dilindungi, misalnya, salak condet (Salacca edulis cognita). Tanaman buah yang satu ini merupakan flora asli Jakarta dan menjadi buah identitas provinsi DKI Jakarta. Selain itu ada juga bulus (Amyda cartilaginea) yang kini status konservasinya adalah Rentan (Vulnerable).

    “Membaca buku ini seperti mengamati setiap kehidupan dari puspa dan satwa tersebut. Diharapkan warga Jakarta dapat mengenal keanekaragaman hayati yang hidup berdampingan dengan manusia dan ikut melestarikannya,” ujar Ady Kristanto, salah satu tim penyusun buku Wildlife of Jakarta dan pendiri Indonesia Wildlife Photography.

    Sumber: Wildlife of Jakarta, Melihat Lebih Dekat Keanekaragaman Hayati Jakarta - Greeners.Co

    PENUTUP

    Buku yang dicetak memakai sampul keras (hard cover) serta menggunakan art paper ini memerlukan pekerjaannya selama tiga tahun. Buku ini secara resmi telah diluncurkan lewat acara "Hello Nature 2017" yang dilangsungkan di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta, pada 25 November 2017 lalu. Dalam acara peluncuran itu turut hadir Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ali Maulana Hakim.

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Ikuti @gozzipindo
    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci

    PERHATIAN !