Menyajikan berita terhangat!

Gubernur DKI Anies Baswedan yang Dilantik Presiden Jokowi Bantah Berikan Mahar Politik Kepada Prabowo Subianto !?

Anies Baswedan yang dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Jokowi membantah pernah memberikan mahar politik kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjelang Pilkada DKI 2017 lalu. Anies mengaku hanya mengumpulkan dana secara sukarela.

  • 348

    view

  • Tweet
    Share

    BANTAH ADA MAHAR

    instagram

    Sumber: instagram

    Gubernur DKI Anies Baswedan membantah pernah memberikan mahar politik kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjelang Pilkada DKI 2017 lalu. Meski begitu, Anies mengaku dulu hanya memberikan dana secara sukarela untuk mendukung kemenangannya di Pilkada. “Enggak ada (mahar) sama sekali. Bahkan, kalau bisa dibilang ya semuanya kemarin itu iuran, sehingga terjadi gerakan semuanya terlibat,” kata Anies seperti dikutip dari CNN Indonesia. Proses politik, kata Anies, memang membutuhkan dana yang besar, namun bukan berarti setiap calon harus membayar mahar. “Jadi, bahwa proses politik memerlukan biaya itu benar. Tapi bahwa calon, kami harus membayar itu tidak ada,” tegasnya.

    “Tidak ada maharan-maharan. Kita tidak, saya tidak. Saya tadi pagi ditanya 'Pak, maharnya berapa?' Enggak ada tuh obrolan mahar,” bantah Anies Baswedan.

    Sumber: Anies Baswedan: Tidak Ada Mahar, yang Ada Iuran

    SALAH TAFSIR

    instagram

    Sumber: instagram

    Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno juga membantah ada mahar politik pada Pilkada DKI 2017 lalu. “Kalau politik itu memang berbiaya, kemaren kita menghabiskan lebih dari Rp 100 miliar. Jadi itu yang diinginkan sebetulnya oleh Gerindra jangan sampai saat kita udah mencalonkan, kita nggak punya pendanaan,” bantah Sandi seperti dikutip dari Detik. Menurut Sandi, Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur La Nyalla Mattalitti salah dalam menafsirkan maksud dari Prabowo Subianto. Seperti diketahui, La Nyala menuduh Prabowo pernah meminta uang Rp 40 miliar sebagai mahar politik Gubernur Jawa Timur Pilkada 2018. “Memang politik membutuhkan biaya. Jangan sampai sudah mencalonkan tapi enggak punya biaya,” kata Sandi seperti dikutip dari Tempo.

    Sumber: youtube

    Gerindra Bantah Klaim Mahar Politik Bagi La Nyalla

    ANIES BASWEDAN PRESIDEN

    instagram

    Sumber: instagram


    Anies Baswedan kini menjabat sebagai Gubernur DKI setelah resmi dilantik oleh Presiden Jokowi. Anies sebelumnya menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tapi kemudian dicopot dari jabatannya pada reshuffle cabinet jilid II pada 27 Juli 2016. Ia digantikan oleh Muhadjr Effendy. Tak lama kemudian, ia berpasangan dengan Sandiaga Uno maju dalam Pilkada DKI 2017 dan berhasil mengalahkan petahana Ahok-Djarot.

    Anies Baswedan – PROFIL

    instagram

    Sumber: instagram

    Nama Lengkap: Anies Rasyid Baswedan
    Nama Lain: Anies Baswedan
    Tempat Lahir: Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
    Tanggal Lahir: 7 Mei 1969
    Profesi: Gubernur DKI Jakarta
    Mulai Menjabat: 16 Oktober 2017
    Kewarganegaraan: Indonesia
    Alma mater: Universitas Gadjah Mada, University of Maryland, College Park
    Istri: Fery Farhati Gani
    Anak: Mutiara Baswedan, Mikail Baswedan, Kaisar Baswedan, Ismail Baswedan

    PENUTUP

    instagram

    Sumber: instagram

    Pasangan Anies-Sandi mengeluarkan dana hingga Rp 17,9 miliar selama kegiatan kampanye berlangsung pada Maret hingga April. Sebanyak Rp 16 miliar dari jumlah dana tersebut adalah mlik Sandi. Anies mengaku tidak memiliki cukup uang untuk memberikan mahar politik. “Enggak ada. Duit darimana saya,” kata Anies seperti dikutip dari Republika. Menurut Anies, Prabowo Subianto adalah politisi yang professional. “Enggak ada. Enggak ada sama sekali (mahar politik, Red). Pak Prabowo sangat profesional, itu sudah terbukti saat mencalonkan Pak Jokowi dan Pak Ahok, waktu saya dan Mas Anies juga sama,” ungkapnya.

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Ikuti @gozzipindo
    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    PERHATIAN !