Menyajikan berita terhangat!

Fakta Soal Langkanya Gerhana Bulan Total Di Penghujung Januari 2018 Ini !!

Kabar gembira untuk masyarakat Indonesia, pasalnya pada 31 Januari nanti 'Gerhana Bulan Total' akan hadir menakjubkan. Selain fenomena langka 'Gerhana Bulan Total' beberapa fenomena akan hadir dan ini yuk simak faktanya tentang fenomena ini !!

  • 677

    view

  • Tweet
    Share

    TERAKHIR MUNCUL RATUSAN TAHUN LALU, KINI GERHANA BULAN TOTAL AKAN TERJADI DI PENGHUJUNG BULAN INI

    Kabar gembira buat seluruh masyarakat Indonesia, pasalnya pada 31 Januari 2018 nanti bisa melihat secara langsung fenomena langka, yakni gerhana bulan total. Gerhana bulan sendiri nantinya akan dimulai sekitar pukul 18.48, saat itu akan terlihat gerhana parsial dan baru sekitar pukul 19.51 hingga 21.07 puncak gerhana bulan total.



    Peristiwa langka ini pun meliputu gerhana bulan total, supermoon dan blue moon di saat yang bersamaan. Sebelum menyaksikan gerhana bulan total, yuk simak dulu fakta-faktanya:

    GERHANA BULAN TOTAL - RATUSAN TAHUN LALU

    Gerhana bulan total pada tanggal 31 Januari nanti ternyata terjadi saat bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan blue moon. Dikutip dari keterangan tertulis, LAPAN mengatakan jika 3 fenomena terjadi di waktu yang sama ini terakhir kali bisa diamati pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu.

    Bisa dikatakan fenomena ini merupakan fenomena langka yang terakhir kali terjadi ratusan tahun lalu. Jadi, ga bakalan melewatkannya kan?

    GERHANA BULAN TOTAL - TERLIHAT LEBIH BESAR

    Fenomena supermoon ini terjadi ketika saat purnama Bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi sehingga ukuran Bulan ini menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya. Sementara itu, blue moon adalah Bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender.

    GERHANA BULAN TOTAL - FENOMENA JARANG

    Gerhana bulan total ini juga memang merupakan fenomena yang jarang sekali atau menurut bahasa Inggris ini merupakan fase 'once in blue moon' yang bisa diartikan 'jarang sekali'. Blue moon sendiri merupakan fenomena yang memang jarang ada yaitu bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender.

    GERHANA BULAN TOTAL - DI INDONESIA

    Tidak seperti gerhana matahari yang hanya bisa diamati di daerah yang sangat terbatas, gerhana bulan total ini ternyata bisa diamati dari sebagian besar permukaan bumi, yaitu dari daerah Amerika Utara, Samudera Pasifik, Siberia Timur dan Asia. Namun, gerhana ini tidak akan terlihat dari sebagian besar Amerika Selatan dan Afrika. Nah, di Indonesia siap-siap untuk melihat fenomena langka ini, karena Indonesia merupakan daerah yang bisa melihat gerhana tersebut.

    GERHANA BULAN TOTAL - WAKTU MENIKMATI

    Sumber: phinemo.com

    Dan untuk proses gerhana bulan ini rupanya terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu tahap awal gerhana parsial, gerhana total dan akhir gerhana parsial. Proses gerhana berlangsung sekitar empat jam. Untuk para pengamat di daerah Indonesia waktu Indonesia bagian barat berikut tahapan dan waktunya:

    - Awal gerhana parsial terjadi pada pukul 18.48 WIB
    - Awal gerhana total terjadi pada pukul 19.52 WIB
    - Puncak gerhana terjadi pada pukul 20.30 WIB
    - Akhir totalitas terjadi pada pukul 21.08 WIB
    - Akhir gerhana terjadi pada parsial pukul 22.11 WIB

    PENUTUP

    Diketahui, gerhana bulan ini sendiri adalah sebuah fenomena terjadi saat bulan tertutupi oleh bayangan bumi. Orbit Bulan mengelilingi Bumi berbentuk elips sehingga jarak Bumi dengan Bulan selalu berubah dan saat bulan berada di titik terdekat (perigee) dengan bumi bertepatan dengan bulan purnama, terjadilah gerhana bulan. Nah, tinggal beberapa hari kita akan menikmati fenomena gerhana bulan total, jangan sampai terlewatkan ya!

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Ikuti @gozzipindo
    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci

    PERHATIAN !