Menyajikan berita terhangat!

HOT !! Ancaman Gempa Megathrust 8,7 SR Yang mengancam Selat Sunda & Bisa Berefek Di Jakarta, Masyarakat Dihimbau Selalu Siap Dan Waspada !!

Ibu Kota tercinta, DKI Jakarta dihantui dengan kabar gempa Megathrust berkekuatan 8,7 SR. Kabar ini kian cepat diterima oleh masyarakat dan semua masyarakat diminta waspada. Kepala BMKG juga mengatakan Jakarta harus siap dengan gempa megathrust ini !!

  • 7735

    view

  • Tweet
    Share

    GEMPA MEGATHRUST 8,7 SR HANTUI JAKARTA

    Sumber: liputan6.com

    Ibu Kota tercinta, DKI Jakarta saat ini tengah dihantui oleh kabar gempa megathrust yang bisa terjadi kapan saja. Seperti yang diketahui, Jakarta dikepung patahan aktif dan tanahnya sangat lunak, yang membuat Jakarta rentan terdampak gempa megathrust 8,7 skala Richter.

    Jakarta berisiko menghadapi gempa bumi yang bersumber dari zona megathrust subduksi dan sesar aktif. Hal tersebut seperti yang disampaikan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati belum lama ini. Ia juga menuturkan, Jakarta dikelilingi patahan aktif, megathrust Jawa Barat dan Jawa Tengah, megathrust selat Sunda.

    "Tebalnya lapisan tanah lunak di Jakarta berpotensi memicu amplifikasi atau penguatan guncangan saat terjadi gempa kuat," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati di Jakarta.

    Sumber: news.liputan6.com

    "Jakarta harus siap apabila terjadi gempa yang bersumber di selatan Jawa," ucap dia.

    Sumber: news.liputan6.com

    Sumber: pontas.id

    Dwikorita juga menegaskan persepsi bahwa Jakarta aman gempa adalah keliru. Ia memastikan gempa masih akan terus terjadi di Jakarta karena Jakarta dikelilingi patahan aktif megathrust Jawa Barat dan Jawa Tengah, megathrust selat Sunda.

    Sementara itu, ketika ditanya kapan Gempa Megathrust akan menimpa Jakarta, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan tak tahu pasti kapan akan terjadi gempa. Warga Jakarta dihimbau selalu waspada dan harus siap jika sewaktu-waktu gempa megathrust terjadi.

    "Namun yang belum bisa dipastikan adalah kapan gempa itu terjadi dan berapa kekuatannya," ujar dia.

    Sumber: news.liputan6.com

    GEMPA MEGATHRUST BERPOTENSI MERUSAK JAKARTA

    Sumber: merdeka.com

    Digadang-gadang Berpotensi Merusak Jakarta

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa Jakarta berpotensi terus menerus terdampak gempa dari patahan di sekitarnya. Hal itu mengharuskan pemerintah DKI Jakarta bersiap agar dampak bencana tersebut bisa lebih ditekan. Mitigasi bencana perlu dilakukan.

    Hal ini disampaikan Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG Pusat dalam acara diskusi antara BMKG dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Menurut Dwikorita, Gempa bersumber dari patahan di sekitar jakarta bisa berkisar antara magnitudo 6 hingga 8,7. Sumber gempa bukan hanya sesar daratan tetapi juga subduksi di lautan.

    "Apapun kajian para pakar, gempa masih akan terus terjadi di ibu kota. Namun yang belum bisa dipastikan adalah kapan gempa itu terjadi dan berapa kekuatannya" kata Dwikorita.

    Sumber: nationalgeographic.co.id

    "Persepsi Jakarta aman gempa keliru. Gempa Lebak dengan magnitudo 6,1 pada 23 Januari 2018, getarannya juga dirasakan di Jakarta. Intensitasnya saja mencapai V-VI MMI," imbuhnya.

    Sumber: nationalgeographic.co.id

    Sumber: youtube

    Jakarta Dibayangi Gempa Megathrust 8,7 SR

    APA ITU GEMPA MEGATHRUST ??

    Gempa Megathrust

    Gempa megathrust berasal dari apa yang disebut zona megathrust, yaitu zona tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Berdasarkan ciri-cirinya, lempeng bumi dibagi menjadi dua: lempeng samudera dan lempeng benua. Lempeng benua lebih tipis dari lempeng samudera sehingga saat keduanya bertumbukan. Pada zona megathrust, lempeng samudera bisa masuk ke lempeng benua yang bagian atasnya adalah Pulau Jawa.

    Dan menurut Peta Sumber Gempa Nasional 2017 yang diterbitkan oleh pemerintah melalui Pusat Studi Gempa Nasional (Pusgen), zona yang berpotensi memunculkan gempa megathrust di Jawa berada di tiga lokasi, yaitu wilayah perairan Selat Sunda, wilayah selatan perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah serta segmen Jawa Timur-Bali.

    PENUTUP

    Belakangan ini, masyarakat tengah dihebohkan dengan kabar gempa megathrust yang akan menimpa ibu kota, DKI Jakarta dengan kekuatan yang digadang-gadang mencapai 8,7 SR. Hal ini nyatanya membuat masyarakat Jakarta merasa khawatir dan siaga dalam menghadapi gempa yang tengah menghantui ibu kota.

    Kepala BMKG sendiri tak mengetahui pasti kapan gempa tersebut akan terjadi. Seluruh masyarakat Jakarta diminta selalu waspada dan siap jika sewaktu-waktu guncangan gempa bumi dan segala dampaknya terjadi. Seperti yang diketahui, Jakarta dikepung patahan aktif dan tanahnya sangat lunak yang membuat Jakarta rentan terjadi gempa megathrust.

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Ikuti @gozzipindo
    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci

    Harian

    Mingguan

    Bulanan

    PERHATIAN !