Menyajikan berita terhangat!

Mengejutkan !! Ini Fakta di Balik Lagu ‘Sayang’ yang Dipopulerkan Via Vallen !?

Lagu dangdut yang berjudul Sayang sempat booming di pasaran. Nama Via Vallen pun makin dikenal publik setelah mempopulerkan lagu tersebut. Usut punya usut, ternyata tersimpan fakta yang mengejutkan di balik lagu Sayang. Lagu tersebut ternyata…

  • 886

    view

  • Tweet
    Share

    FAKTA LAGU SAYANG

    instagram

    Sumber: instagram

    Siapa yang tak mengenal lagu Sayang? Ya, lagu dangdut yang dinyanyikan oleh Via Vallen tersebut memang pernah booming di pasaran. Nama Via pun makin melejit. Ia bahkan disebut-sebut bersaing dengan Ayu Ting Ting yang lebih dulu berkarir di industri musik dangdut Tanah Air. Namun siapa sangka ternyata ada fakta mengejutkan di balik Sayang. Lagu Sayang ternyata mirip dengan lagu asal Jepang yang berjudul ‘Mirai e’ yang dipopulerkan oleh Kiroro pada tahun 1998. Tahun 2012, lagu itu kemudian dinyanyikan kembali oleh Rene Liu yang merupakan penyanyi asal Taiwan. Nah, daripada penasaran, di bawah ini ada video musik lagu Mirai e:

    Sumber: youtube

    Mirai e - Kiroro - Karaoke - Japan Clip 1998 Release

    GANTI JUDUL

    instagram

    Sumber: instagram

    Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Antonius Sutanto atau Anton Obama adalah musisi asal Indonesia yang mengambil notasi lagu Mirai e. Setelah itu, ia kemudian menciptakan lagu berjudul Tresno Abadi atau Cinta Abadi. “Saat itu saya mengambil notasi dari lagu berjudul Hou Lai yang dinyanyikan Rene Liu, musisi Mandarin. Saya enggak tahu kalau sebenernya itu lagu Mirai e,” kata Anton Obama. Anton mengaku awalnya tidak mempertimbangkan soal izin hak cipta saat mengambil notasi lagu Mirai e. Ia kemudian ingin menyanyikan lagu Tresno Abadi bersama band nya yang bernama Orkes Melayu Oriental Band Mandarin (OM Obama). Sayangnya, band itu sudah terlanjut bubar. Drummer band tersebut yakni Tony Kurniawan kemudian membentuk grup band baru yang bernama Orkes Melayu Wawes yang menyanyikan dan mengubah judul lagu Tresno Abadi menjadi lagu Sayang. “OM Wawes menyanyikan lagu Tresno Abadi yang judulnya diganti menjadi Sayang. Saya tidak menyangka kalau lagu ini meledak. Waktu itu sekitar tahun 2012, lagu Sayang sudah terkenal di Solo,” ungkapnya.

    Sumber: youtube

    WAWES " SAYANG " Live Show Koplo (OM METRO) Video

    VIA VALLEN MP3

    instagram

    Sumber: instagram

    Selain lagu Sayang, Via Vallen juga dikenal lewat sejumlah judul lagu MP3 lainnya. Sebut saja, Piker Keri, Selimut Rindu, Kimcil Kepolen, Bilang I Love You, Kanggo Riko, Sitik Sitik, Kuingin Kau Mati Saja, Lele Diwedangi, Satu Cinta, Cintai Aku Selamanya, Selingkuh, 5 Centi, Cinta Kurang Gizi, Baper, dan Lepas Tanpa Kata.

    VIA VALLEN SAYANG MP3

    instagram

    Sumber: instagram

    Berkat lagu Sayang, karir Via Vallen makin bersinar. Ia pernah merilis album bertajuk The Names yang dirilis pada tahun 2016 dalam format CD. Tanggal 18 Januari 2018, ia kemudian merilis album Sayang lewat Ascada Musik dalam format CD dan digital download. Album itu terjual sebanyak 150 ribu kopi dan mendapatkan platinum dari Asosisasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI). Ia juga pernah merilis album kompilasi bertajuk Best Via Vallen tanggal 15 November 2016 lewat Samudra Record dalam format digital download dan album Best Cover Collection pada 2 Januari 2017 lewat Markoplo Records.

    Sumber: youtube

    Via Vallen - Sayang (Official Music Video)

    VIA VALLEN - PROFIL

    instagram

    Sumber: instagram

    Nama Lahir: Maulidia Octavia
    Nama Lain: Via Vallen
    Tanggal Lahir: 1 Oktober 1990
    Tempat Lahir: Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
    Kebangsaan: Indonesia
    Jenis Musik: Dangdut, Koplo, Pop
    Pekerjaan: Penyanyi, Musisi
    Instrumen: Vokal
    Tahun Aktif: 2005 – Sekarang
    Label Rekaman: Ascada Musik Indonesia
    Orang Tua: Mohammad Arifin (Ayah) dan Rosida (Ibu)
    Agama: Islam

    PENUTUP

    instagram

    Sumber: instagram

    Setelah dinyanyikan oleh OM Wawes, lagu Sayang kemudian dinyanyikan oleh musisi asal Yogyakarta dengan tambahan musik rap di bagian lirik. “Tahun 2013 kami menyanyikan lagu Sayang dengan tambahan lirik di bagian rap. Kami hanya ambil bagian reff yang diciptakan Anton, bagian rap kami yang ciptakan,” kata Yonanda selaku personel NDX AKA Familia, seperti dikutip dari CNN Indonesia. NDX AKA Familia kemudian satu panggung dengan Via Vallen menyanyikan lagu Sayang. Via kemudian merilis lagu tersebut lewat label Ascada Musik pada Februari 2017. Jadi, seperti itulah fakta di balik lagu Sayang.

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Ikuti @gozzipindo
    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci

    PERHATIAN !